Kamis, 30 Oktober 2014

Waspada Penipuan Atas Nama Blibli.com!

Anda pernah belanja di blibli.com? Pernah mendengar blibli.com penipu? Jika Anda sering belanja di blibli.com, sebaiknya waspada terhadap penipuan yang mengatasnamakan blibli.com. Masalahnya ada beberapa alamat website yang menggunakan embel-embel blibli.com.



Salah satu contoh yang pernah terjadi adalah alamat website www.blibli-electronics.com.  Tentunya, ini bukan alamat website resmi www.blibli.com. www.blibli.com adalah perusahaan e-commerce atau toko online di bawah naungan PT Global Digital Niaga. Blibli.com beralamat di Jalan Aipda K.S. Tubun II C No. 8 Jakarta Barat. Jika Anda merasa ragu dengan toko online yang mengatasnamakan blibli.com. Anda bisa menghubungi customer blibli.com di nomer telepon 0804-1-871-871 atau email customer.care@blibli.com.

Penipuan apa yang sering dilakukan? Penipuan yang dilakukan adalah jika konsumen membeli barang elektronk, seperti Handphone, laptop, kamera, dan elektronik lainnya. www.blibli-electronics.com memiliki alamat Jln. Raja Ali Haji, Kompleks Tanjung Pantun BI R5/5-7 Batam, Riau, 29432 Indonesia, nomor handphone: 082395297999.

Blibli Electronics Abal-Abal

Pemilik toko online tersebut melakukan penipuan yang berkedok jualan barang-barang elektronik. Biasanya modus penipuannya adalah, konsumen telah membeli barang dan melakukan transaksi pembayaran. Lalu barang yang dipesan konsumen tidak pernah dikirim.

Parahnya lagi, konsumen malah diperas dengan berbagai macam alasan. Di antaranya adalah barang kelebihan, barang ditahan petugas bea cukai, barang ditahan polisi bandara, barang ditahan petugas dinas perhubungan dan lain sebagainya.  Ujung-ujungnya penjual selalu meminta korban transfer uang. Oleh karena itu jangan sampai anda membeli barang melalui alamat website www.blibli-electronics.com. atau alamat website lainnya dengan embel-embel blibli.com.

Selain itu, Anda juga jangan terkecoh dengan testimony di kolom komentar, surat ijin, alamat dan logo yang menyatakan bahwa toko tersebut terpercaya karena semua itu adalah fiktif. 

Bila ada yang mengatakan blibli.com penipu, anda jangan lantas percaya! Karena saya sendiri pernah belanja di blibli.com tidak ada masalah dan tidak ada penipuan.

Untuk mencegah penipuan, simak tips di bawah ini dalam memilih toko online:

Hosting Profesional
Salah satu ciri utama yang perlu diperhatikan adalah situs tersebut ditempatkan di penyedia jasa hosting professional. Jadi kita harus jeli memilih situs toko elektronik online dengan memperhatikan hostingnya. Jangan percaya dengan situs toko elektronik online dengan layanan-layanan hosting gratisan, seperti Blogspot atau wordpress. Dengan menempatkan situsnya di layanan hosting profesional, setidaknya kita bisa menilai kesungguhan dari pengelola situs untuk berbisnis secara online. Situs yang dibelakangnya bertulisan blogspot.com adalah salah satu contoh situs gratisan yang dapat dibuat siapa saja hanya dengan mendaftar saja.

Informasi Lengkap
Hal lainnya yang dapat menjadi petunjuk suatu situs toko elektronik online adalah tersedianya informasi produk yang dijual secara lengkap, terstruktur dengan baik, dan disertai dengan informasi ketersediaan produk tersebut. Selain itu, suatu situs toko elektronik online tesebut  harus memberikan informasi email dan nomor telepon contact person atau customer service yang dapat dihubungi oleh para pengunjung situs yang ingin memperoleh informasi lebih lanjut.

Cukup banyak orang yang berjualan di internet tapi tidak memiliki toko secara real. Mereka hanya bertugas seperti perantara saja. Hasilnya dapat dipastikan anda memperoleh harga yang lebih mahal dari pasaran atau dalam kasus ekstrem nya anda malah tertipu.

Perhatikan Harga
Anda juga harus memperhatikan harga produk. Jangan mudah cepat tergiur dengan harga yang super murah. Misalkan harga lemari es di pasarandi harga 3-5 juta, tapi di website tersebut ditawarkan hanya dengan setengah harga nya saja. Anda harus curiga dengan harga tersebut. Bisa jadi produk tersebut merupakan barang dari batam ataupun barang promo. Apabila anda menemui hal ini, perlu anda teliti lebih lanjut mengenai barang tersebut. Bisa jadi barang yang ditawarkan kepada anda adalah barang display, barang non garansi, barang selundupan, dll. Ada banyak kasus orang malah akhirnya tertipu dengan berbelanja di toko online tersebut.

Pembayaran
Metode pembayaran toko elektronik online merupakan hal yang perlu diperhatikan. Apabila anda ingin melakukan pembayaran secara transfer, mohon pastikan no rekening yang anda tuju adalah no rekening resmi seperti yang tertera di website.

Anda berhak menolak apabila diminta untuk melakukan transfer atas nama orang lain dan no rekening yang berbeda. Hal ini untuk memastikan anda tidak sedang ditipu. Sehingga anda dapat mengklaim ganti rugi kepada pihak penjual apabila barang yang anda pesan tidak dikirim.

Dengan memperhatikan hal – hal di atas, diharapkan resiko kerugian yang mungkin terjadi pada saat berbelanja secara online misalnya di toko elektronik online dapat diperkecil. Memang diperlukan kejelian dan kehati-hatian dalam memilih situs online shop di balik segala kemudahan yang ditawarkan oleh transaksi online.

Semoga tips di bawah ini membantu Anda dalam memilih toko online. Dengan hal ini Anda tidak akan membuat tertipu lagi. Karena hal tersebut sudah menjadi bagian dari untuk. Berbagai macam, yang mengatakan untuk memberikan iha



1 komentar: